CINTA dan BENCI KARENA ALLAH

Dalam diri manusia, ada perasaan cinta dan benci. Inilah di antara anugerah yang Allah berikan kepada manusia untuk dikelola dan diarahkan pada hal-hal yang positif sesuai dengan yang Allah dan Rasul inginkan.

Kadang manusia belum tahu bagaimana cinta dan benci dalam dirinya dikelola dan diarahkan dengan benar. Acapkali manusia mencintai sesuatu yang tidak bermanfaat baginya, begitu sebaliknya, membenci sesuatu yang sebenarnya bermanfaat baginya.

Sesungguhnya cinta dan benci termasuk pintu-pintu kebaikan yang dianugerahkan Allah untuk kebaikan pula. Tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat kelak. Cinta dan benci akan membawa manusia meraih kebaikan di dunia dan akhirat jika keduanya ditempatkan sesuai dengan petunjuk Allah dan RasulNya.

Manusia yang beriman kepada Allah akan menyandarkan rasa cinta dan bencinya pada petunjuk Allah dan RasulNya. Jika Allah mengarahkan kepada hal-hal yang dikehendakiNya, maka manusia yang beriman harus tunduk dan taat karena pada hakikatnya itulah sepatutnya yang dilakukan. Bahwasannya semua yang diperintahkan Allah dan RasulNya pasti akan mendatangkan kebaikan bagi manusia.

Allah Maha Mengetahui yang terbaik bagi manusia.